Profil

PROFIL PRODI PEMULIAAN TANAMAN

 

INFORMASI UMUM

Izin Pembukaan Program Studi 

  • Nomor SK:     223/KPT/I/2017
  • Tanggal SK:    18 April 2017
  • Pejabat Penandatanganan:  Sekretariat Jenderal Kemenristekdikti

Peringkat Nilai Akreditasi Terakhir:    “Minimum“

Kode Program Studi: 54293

No. SK BAN-PT: –

Gelar Lulusan: Sarjana Pertanian (SP)

Kesetaraan dan KKNI:  Level “6“

Email:    breeding.unpatti@gmail.com

Website:    breeding.faperta.unpatti.ac.id dan  breeding-unpatti.webnode.com

VISI KEILMUAN

Menjadi Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Riset Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman Berbasis Wilayah Kepulauan yang Produktif dan Lestari”.

MISI

  1. Merencanakan dan mengembangkan Kurikulum Pendidikan Tinggi bidang pemuliaan tanaman dan bioteknologi tanaman untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sumberdaya genetik di wilayah kepulauan dan kontinental.
  2. Mengembangkan dan menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkompeten secara keilmuan dan ketrampilan dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) bidang pemuliaan dan bioteknologi tanaman.
  3. Merencanakan dan mengembangkan riset sumberdaya genetik untuk menghasilkan varietas unggul lokal dan varietas unggul baru sesuai dengan biofisik wilayah kepulauan dan kontinental.
  4. Menyelenggarakan kegiatan dan layanan pengabdian masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah kepulauan.
  5. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga riset dan pusat-pusat pembelajaran pemuliaan dan bioteknologi tanaman untuk mendukung pengembangan Fakultas Pertanian menjadi Model dan Pusat Pembelajaran dan Riset Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi berbasis kepulauan dan kontinental.

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan program studi Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Pattimura adalah sebagai berikut:

  1. Pemulia Tanaman
  2. Peneliti
  3. Pelaku Bidang Pertanian
  4. Pelaku Usaha
  5. Pendidik

 CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Pemuliaan Tanaman berdasarkan standar kompetensi pada SN-Dikti  dan Profil Lulusan adalah sebagai berikut:

    • 1.  Sikap

      • Mampu meng­implementasi­kan perilaku hidup yang mencerminkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdasar­kan Pancasila serta men­junjung tinggi nilai, norma dan etika yang berlaku dalam masyarakat.
      • Mampu menginternalisasi nilai dan norma akademik yang benar terkait dengan kejujuran, etika, atribusi, hak cipta, kerahasiaan serta kepemilikan data, metode dan teknologi.

2.  Pengetahuan

      • Menguasai konsep teoritis, metode dan teknologi bidang pertanian khususnya pemuliaan tanaman dan bioteknologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
      • Menguasai konsep teoritis, dan teknologi bidang pertanian berbasis kepulauan, serta mampu merumuskan langkah-langkah pengembangan SDG dan SDA berbasis pulau-pulau kecil berdasarkan kearifan lokal.

3. Ketrampilan Umum

      • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam implementasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian, khususnya pemuliaan tanaman dan bioteknologi.
      • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian pengembangan atau implementasi IPTEKS bidang pertanian, khususnya pemuliaan tanaman dan bioteknologi dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan selanjutnya di unggah dalam laman perguruan tinggi.

4.  Ketrampilan Khusus

      • Profil Pemulia Tanaman: mampu menapis varietas dengan karakter unggul dan menerapkan secara prosedural produksi benih bermutu bersertifikat dengan memanfaatkan SDG melalui eksplorasi, identifikasi, manipulasi, analisis dan evaluasi sehingga tersedia varietas dengan karakter unggul baru dan benih bersertifikat dalam sistem pertanian berkelanjutan.
      • Profil Peneliti: mampu mengeksplorasi dan menunjukkan potensi SDG dan SDA yang tersedia dengan menggunakan konsep ilmu dan metode analisis yang tepat, serta merumuskannya dan memberi solusi berbasis ilmiah yang bermanfaat bagi stakeholder
      • Profil Pelaku Bidang Pertanian:  mampu menerapkan IPTEKS untuk peningkatan produktivitas pertanian yang berkelanjutan dengan menguasai teori dan aplikasinya sehingga produksi pertanian tersedia bagi masyarakat.
      • Profil Pelaku Usaha: mampu merumuskan gagasan usaha tani dan mengimplementasikannya secara mandiri maupun berkelompok dengan menangkap dan menganalisis peluang usaha bidang pertanian sehingga memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
      • Profil Pendidik: mampu meneruskan IPTEKS bidang pertanian, khususnya ilmu pemuliaan tanaman dan bioteknologi kepada peserta didik dengan menguasai konsep, teori dan metoda serta aplikasi keilmuannya.

BAHAN KAJIAN

Inti Keilmuan Program StudiIPTEKS Pendukung IPTEKS Pelengkap Yang akan dikembangkan Yang dibutuhkan masyarakat untuk masa depan Ciri Perguruan Tinggi
1. Ilmu tanaman
2. Pemuliaan
3. Bioteknologi
4. Lingkungan
5. Metode Ilmiah
6. Teknologi
Budidaya
7. Sumber Daya Genetik
8. Kewirausahaan
9. Pertanian Berkelanjutan10. Pertanian Kepulauan

KURIKULUM

Beban studi mencakup 144 SKS (4 tahun studi), meliputi empat bidang:

      • Konservasi Genetik Tanaman: eksplorasi dan konservasi plasma nutfah,
      • Genetika dan Pemuliaan Tanaman: merakit dan mengembangkan varietas unggul secara konvensional maupun melalui bioteknologi,
      • Bioteknologi: merekayasa dan mengedit genetik tanaman untuk mendukung program pemuliaan tanaman dan rekayasa genetika mikroba ramah lingkungan untuk menghasilkan produk dan jasa,
      • Produksi Benih dan Kultur Jaringan Tanaman: memproduksi benih bersertifikat dan bibit hasil kultur jaringan tanaman yang menjamin hak kepemilikan pemulia tanaman atas suatu varietas dan mendukung agronomi tanaman di wilayah kepulauan dan kontinental.

Kurikulum Program Studi Pemuliaan Tanaman selengkapnya dapat diunduh pada link berikut ini: Kurikulum Prodi Pemuliaan Tanaman

TENAGA DOSEN YANG DIMILIKI

Dosen homebase saat ini berjumlah  10 orang, terdiri atas:

    • 2 profesor bergelar doktor,
    • 3 doktor
    • 4 magister sains (2 diantaranya kadidat doktor)
    • 2 dosen Non PNS bergelar magister